Tupoksi

Tugas Pokok

Berdasarkan Peraturan Bupati Sukoharjo Nomor 81 tahun 2021 : Kecamatan dipimpin oleh seorang Camat yang mempunyai tugas membantu Bupati dalam mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan.

Fungsi

Berdasarkan Peraturan Bupati Sukoharjo Nomor 81 tahun 2021 : Kecamatan mempunyai fungsi: a. penyelenggarakan Urusan Pemerintahan umum; b. pengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat; c. pengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum; d. pengoordinasikan penerapan dan penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati; e. pengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum; f. pengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh Perangkat Daerah di tingkat kecamatan; g. pembina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan desa dan/atau kelurahan; h. pelaksanakan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan kabupaten/kota yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja Pemerintahan Daerah Kabupaten yang ada di kecamatan; i. pelaksanaan fungsi kesekretariatan kecamatan; dan j. pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan, sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Visi

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 3 Tahun 2021 tentang RPJMD Tahun 2021-2026, Pembangunan Daerah Kabupaten Sukoharjo Tahun 2021-2026 merupakan gambaran penjabaran visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo periode tahun 2021-2026. Visi pembangunan Kabupaten Sukoharjo tahun 2021-2026 merupakan implementasi dari visi Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo periode tahun 2021-2026 yaitu: “Mewujudkan Masyarakat Sukoharjo Yang Lebih Makmur”

Misi

Kecamatan Baki dalam mendukung visi misi pembangunan Kabupaten Sukoharjo tahun 2021-2026, melaksanakan misi I yaitu “Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik Melalui Percepatan Reformasi Birokrasi“